Senin, 16 Juli 2018

Langkah Membuat File GDB di Aplikasi Zahir

Aplikasi Akuntansi merupakan aplikasi untuk mempermudah pekerjaan dalam keadministrasian mulai dari pembelian, penjualan, pencatatan kas bank, stock opnam sampai perhitungan pajak pun bisa diolah dengan program tersebut. Di Indonesia banyak macam aplikasi akuntansi yang bisa dijumpai, diantaranya Zahir, MYOB, Accurate, SAP dan masih banyak lagi.

Kali ini nadnad akan bahas untuk pengolahan data disistem aplikasi akuntansi Zahir mulai pembuatan file master atau biasa disebut file GDB sampai dengan laporannya. Aplikasi Zahir yang nadnad pakai kali ini Zahir build 6.

Nah untuk pembuatan file master, simak langkah berikut :

  1. Buka Aplikasi Zahir
    Tampilan Menu Awal Zahir Build 6
  2. Pilih Menu Membuka Data Baru, isikan data dan kemudian klik Lanjutkan
    Isian Data Perusahaan
  3. Isikan data periode akuntansi yang digunakan, kemudian klik tanda panah untuk mengubah nama file dan menyimpan data dengan direktori yang diinginkan.
    Isian Data Periode Akuntansi
  4. Pilih Folder yang akan digunakan, saran dari nadnad gunakan disk selain C, agar jika PC bermasalah file yang dibuat tidak hilang. Rename File sesuai dengan data. Klik Save
    Dialog Save As File
  5. Setelah data yang masukkan disave, muncul dialog konfirmasi mengenai data yang sudah diinput. Lanjut ke proses
    Dialog Konfirmasi Akhir
  6. Proses pembuatan sedang dilakukan, setelah selesai akan muncul jendela Jenis Usaha, pilih jenis usaha yang sesuai dengan bidang perusahaan. Klik Lanjutkan, 
    Dialog Jenis Usaha
  7. Muncul konfirmasi bidang usaha yang dipilih, klik Ya. Data Akun akan otomatis dibuat. Setelah data selesai, muncul saran untuk menggunakan pasword dalam mengakses zahir sehingga dapat membatasi pengguna dalam menginput data, melihat atau mengedit laporan. Klik OK
    Saran penggunaan Pasword
  8. Pilih mata uang yang digunakan di Setup Data, Klik lanjutkan→selesai
    Dialog Set Up Data
  9. Setelah klik selesai maka akan muncul tampilan menu zahir seperti dibawah :

    Tampilan Menu Utama Zahir
  10. File Master sudah dibuat dan dapat digunakan untuk mencatat semua kegiatan dalam bisnis. Jika ingin mengganti data umum perusahaan dapat mengklik menu file→Set Up Informasi Perusahaan
    Menu File Zahir
  11. Pada dialog Set Up Informasi Perusahaan isikan data yang benar , kemudian klik Lanjutkan 
    Dialog Informasi Perusahaan
  12. Jika data yang diisikan sudah benar muncul dialog konfirmasi , jika benar klik proses jika masih ada yang direfisi klik Proses.
    Dialog Konfirmasi Akhir Informasi Perusahaan
  13. File dengan data yang sudah benar selesai dibuat.
Mudah bukan cara pembuatan file master Zahir...

Mengenai tampilan zahir yang nadnad punya, ini adalah zahir offline berbayar jadi ada beberapa menu yang masih bergembok/terkunci karena belum dibeli jadi tidak bisa akses ke semua menu, hanya menu menu tertentu saja yang bisa.

Kalau mau coba yang sudah bisa kebuka semua bisa coba versi Trial nya.

Semoga dapat membantu info dari nad nad ..
Good Luck ^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar