Jumat, 20 Juli 2018

Cara Menggunakan Fungsi SUM

Rumus di Ms. Excel sangat beragam, diantaranya adalah rumus yang sangat populer untuk penjumlahan cells yaitu SUM. Dalam fungsi SUM sendiri ada 2 turunan yaitu SUMIF, dan SUMIFS. Fungsi tersebut dapat digunakan secara vertikal maupun horizontal. Nadnad akan bahas satu persatu cara menggunakan fungsi SUM beserta turunannya. Kali ini Nadnad akan bahas mengenai SUM.
Lets start it !!


SUM
Fungsi SUM merupakan fungsi yang paling sering digunakan dikalangan manapun. Rumus dasar fungsi SUM yaitu =SUM(number1,number2,...) enter. Number1,number2 merupakan cell yang akan dijumlahkan. Cukup mudah bukan ? Untuk menuliskan data cell yang dituju, cell dapat diblok secara vertikal, horizontal maupun diambil satu persatu dengan kolom dan baris yang berbeda seperti gambar berikut :
Penjumlahan secara Horizontal

Penjumlahan secara acak
Penjumlahan secara Vertikal
Rumus SUM sendiri dapat ditulis langsung dikolom yang disediakan, atau masuk menu HOME→ Editing kemudian temukan simbol SUM seperti dibawah ini :
Menu Toolbar
Rumus juga dapat dipakai dengan menu insert Function seperti gambar Menu Toolbar yang diberi fill kuning diatas. Jika diklik akan muncul dialog pilihan seperti gambar :
Dialog Insert Function
Klik fungsi yang akan dipakai, misal SUM , kemudian klik OK dan muncul dialog Function Arguments untuk mengisi data cell yang akan dijumlahkan.

Dialog Function Arguments
Jika menggunakan langkah seperti ini biasanya data yang diambil cukup banyak dengan baris atau kolom yang berbeda. Nah untuk mengisi dialog Function Arguments klik kolom isian number1 kemudian blok data yang diinginkan, lalu tab dan blok lagi. Lakukan terus menerus sampai data yang diinginkan terekam semua, klik OK. Contoh mencari total pengeluaran (BBM & Pulsa) bagas dan Denok seperti gambar :
Penjumlahan secara acak dgn insert function
Pertama number1 saya isi dengan data BBM Bagas
number2 saya isi dengan data Pulsa Bagas
number3 saya isi dengan data BBM Denok
number4 saya isi dengan data Pulsa Denok dan saya klik OK , hasil seperti berikut :
Hasil Penjumlahan
Coba deh dijumlah, bener kan hasilnya?
Gampang kan caranya ? 
silakan mencoba ..

Good Luck ya ..

Untuk rumus fungsi SUMIF dan SUMIFS ditunggu ya postingannya..

GBU .. 😺😺😊😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar